Tuesday, October 23, 2007

A Sweet Little Thing!



Gambar kepiting disebelah ini diambil bukan karena saya suka yang namanya kepiting (jadi ingat2 kepiting saos medan di warung keramik di jl. gunung sahari jakarta, crab saos padang ala clark quay atau kepiting lada hitam ala "kepiting semarang di by pass ngurah rai, bali)
Kepiting disebelah ini mungil dan indah sesuai dengan judulnya "sweet little thing". Saya coba reflesikan hidup mati saya di profesi yang orang banyak dihindari yaitu departemen HR (human resources) atau orang kadang nyeletuk Human Remains :-) atau SDM (Sumber Datangnya Masalah).
Hari ini saya harus berhadapan dengan 3 orang philipino yang satu sama lain ada masalah di tempat kerja (btw saya tidak akan bahas masalahnya). Saya tertarik karena salah satu dari karyawan philipino saya nanya "Faisal, kamu jadi sibuk ya ngurusin kerja kita masing2 yang punya masalah pribadi yang beda2. Terus gimana Faisal mau menyelesaikan masalah kita?" Wow cukup menantang juga pertanyaannya.
Well kalau kita bicara Human Resources memang yang paling mudah adalah menegakkan aturan atau work based on the system or policy. Tetapi kata "Human Resources" itulah yang harus kita kedepankan dengan melihat seluruh permasalahan dari sisi Human dulu. Human Resources itu punya 2 simpul yang saling mengikat yaitu: Human & System. System is made by Human to maintain Human.
Akhirnya saya jelaskan dulu kepada ketiga orang Philipino itu bahwa approach to any problems adalah human communication dulu baru kemudian find the solution yang dimana jatuhnya nanti adalah back to the book atau making the right policy atau system.

Ibarat HR adalah kepiting yang berkaki delapan maka policy making adalah salah satu kaki human resources dan kaki2 yang lain adalah: nyari orang yg bener (recruitment), bikin karyawan baru seneng dibulan2 pertama (onboarding), ngasih bayaran sama benefit yang kompetitip (compensation & benefit), membina hubungan antar karyawan agar rukun (employee relatios), buat karyawan agar gak telmi dan biang gosip melulu (employee communication), buat karyawan jadi lebih pintar dan maju (training & development), bikin karyawan bangga dan merasa berhasil (employee recognition and rewards). Mata kepiting adalah visi dan strategy dan badan kepiting adalah system yang ada di department HRD.

Human Error biasanya muncul karena system fails to comply dan systems fails to comply karena Human Error...so mana dulu yang direpair dulu....biasanya adalah human aspect dulu.

Dan saya bersyukur bisa menyelesaikan masalah tanpa harus menegakkan aturan yang tegas dimana pendekatan ini akan berbeda kalau saya berhadapan dengan karyawan di unionised hotel kayak di Shangri-La Jakarta, Crowne Plaza Jakarta dan InterContinental Bali.

Tantangan di Human Resources akan sangat berasa kalau kita harus mengambil keputusan based on human approach rather than system approach. Solving the issues based on the system akan sangat mudah dibandingkan dengan based on the human. Tetapi kalau human relationsnya complex memang lebih baik kalau system is developed and maintained...kalau nggak jadi kayak republik mimpi....;-)

So "a sweet little thing!" will make your HR approach different to your employees.


(pelajaran dari counseling 3 karyawan philipino hari ini)


No comments: